Pada awal februari 2019, The Document Foundation (TDF) mengumumkan rilis Libreoffice terbaru mereka dengan LO versi 6.2 dan versi 6.1.5. Sebagai aplikasi perkantoran yang mendukung secara penuh proyek sumber kode terbuka, terdapat beberapa pembaruan yang menarik seperti tampilan notebook bar yang memanjakan serta memudahkan tampilan bagi pengguna.

Notebook Bar – Salah satu fitur terbaru Libreoffice 6.2

Dengan rilis terbaru dari LibreOffice, Kelompok Linux Arek Suroboyo (KLAS) berkolaborasi dengan Linux User Group STIKOM (LUG STIKOM) membuat sebuah acara lokakarya mengenai LibreOffice khususnya pada LibreOffice Writer. Mengangkat tema “Membuat Laporan Skripsi dengan LibreOffice Writer”, acara yang dilaksanakan pada Hari, Sabtu, 2 Maret 2019 berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Chotibul Umam mengisi materi terkait penyusunan skrispi menggunakan libreoffice

Pemateri pada acara kali ini adalah Chotibul Umam, S.Kom, yang berpengalaman mengerjakan skripsi menggunakan LibreOffice Writer. Dimulai dengan bercerita perjalanan menggunakan LibreOffice untuk keperluan tugas akhirnya, Chotibul Umam atau yang biasa dipanggil Cak Umam ini mengaku bahwa prosesnya berjalan lancar. Menulis skripsi bisa juga dilakukan dengan menggunakan LibreOffice, tidak seperti kebanyakan orang yang mengharuskan untuk menggunakan Microsoft Office sebagai bawaan.

Acara dibuka dengan memperkenalkan apa itu LibreOffice dan komunitas LibreOffice Indonesia dan dilanjutkan pemasangan LibreOffice. Sempat mengalami kendala disini, karena kita ingin menggunakan tampilan Notebook Bar. Namun, versi LibreOffice yang diinstall pada beberapa peserta beberapa menggunakan LibreOffice 6.0 dimana fitur tersebut belum tersedia. Kemudian, dari panitia membagikan versi LibreOffice yang terbaru dengan cara membagikan LibreOffice versi AppImage. Kemudian Cak Umam mulai menjelaskan bagaimana cara pengaturan halaman, mengatur indeks halaman, dan pengaturan margin halaman.

Setelah itu Cak Umam menjelaskan tentang beberapa fitur yang berguna ketika menulis skripsi seperti menggunakan aplikasi Mendeley atau Bibliography Entry pada LibreOffice untuk menyimpan daftar referensi, dan bagaimana membuat daftar isi otomatis. Kemudian acara Ditutup dengan pemberian hadiah bagi peserta yang datang pertama kali dan peserta yang bertanya.

%d blogger menyukai ini: