Selayang Pandang Roadshow Konferensi LibreOffice Indonesia 2018 di SMKN 1 Surabaya


KLAS, salah satu komunitas Linux di ibukota Jawa Timur, selaku pendukung acara Konferensi LibreOffice Indonesia 2018, melakukan kegiatan roadshow hari ini (3/03/2018) yang bertempat di SMKN 1 Surabaya, Jalan Smea No.4, Wonokromo, Kota SBY.

Roadshow sengaja dilakukan dengan menyasar dunia pendidikan sebagai fokus utama dengan harapan agar dunia pendidikan (sekolah dan universitas) lebih welcome dengan perangkat lunak bebas.

Kegiatan ini dibuka oleh Pak Lukman selaku pembina IT CLUB SMKN 1 Surabaya dan dilanjutkan dengan acara inti yang dibawakan oleh Joko Susilo, Roadshow Konferensi LibreOffice Indonesia 2018.

Sebelum menjelaskan Konferensi LibreOffice Indonesia 2018, Joko Susilo mengenalkan dahulu apa itu LibreOffice kepada siswa yang hadir. “LibreOffice merupakan perangkat lunak perkantoran yang bebas dan terbuka untuk digunakan sehari-hari tanpa khawatir dengan biaya bulanan atau perpanjangan” kata Joko Susilo.

Seperti halnya produk propertary, LibreOffice juga memiliki produk-produk serupa. “Ada LibreOffice Writer yang digunakan untuk membuat laporan, surat, dan hal-hal yang berbau dokument, LibreOffice Impress digunakan untuk kebutuhan pembuatan presentasi, LibreOffice Calc digunakan untuk kebutuhan akuntansi, dan masih banyak lagi” tambahnya.

Untuk lebih meyakinkan mengenai keunggulan produk sumber terbuka yang tidak dimiliki produk propertary, Joko Susilo menjelaskan beberapa keunggulan menggunakan LibreOffice. Sebagai berikut:

  • Legal software; LibreOffice dikembangkan secara terbuka dan berlisensi GPL, ini mengartikan setiap orang dapat menggunakan secara bebas.
  • Open source (tentu saja); LibreOffice juga dikembangkan secara based-on community, dengan ini saat anda mengalami kesulitan saat mengoperasikan LibreOffice, anda dapat bertanya ke berbagai komunitas LibreOffice yang ada.
  • Semua orang dapat berkontribusi untuk mengebangkan.

Setelah menjelaskan mengenai free office suite, LibreOffice, Joko Susilo melanjutkan penjelasannya mengenai Konferensi LibreOffice Indonesia 2018. Dengan mengutip laman libreoffice.id, Joko menerangkan “Konferensi LibreOffice Indonesia 2018 merupakan ajang berkumpul penggiat dan pengguna LibreOffice yang mengutamakan kontribusi nyata pada kemajuan kemerdekaan perangkat lunak”.

Acara yang akan berlangsung di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya ini akan diadakan selama tiga hari dengan perincian berikut:

  • 23 Maret 2018, lokakarya.
  • 24 – 25 Maret 2018, konferensi diadakan.
  • Untuk skedul dan tiket acara dapat dilihat langsung pada laman https://libreoffice.id

untuk dapat menghadiri acara ini, peserta dibebani biaya yang dibagi menjadi tiga kategori:

  • Untuk siswa/i (SMP, SMA/SMK) sebesar Rp. 30.000 dengan menunjukkan bukti berupa tiket dan Kartu Tanda Pelajar yang masih berlaku saat konfirmasi.
  • Untuk mahasiswa/i sebesar Rp. 50.000 dengan menunjukkan bukti berupa tiket Kartu Tanda Mahasiswa yang masih berlaku saat konfirmasi.
  • Untuk umum sebesar Rp. 100.000.
  • Informasi lebih lanjut bisa dibaca pada bagian deskripsi melalui laman http://s.id/LOCI2018.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *