Pada hari Rabu, 13 Juni 2019, KLAS kembali mengadakan acara rutin yang diadakan tiap bulannya yaitu Cangkru’an KLAS. Dengan mengangkat tema Linux Webserver, acara ini diadakan di ruang D.204, Fasilkom Universitas Narotama. Acara ini sukses diadakan dengan menjalin kerjasama 2 Perguruan Tinggi Swasta Surabaya yaitu Universitas Kristen Petra sebagai pemateri dan Universitas Narotama yang menyediakan tempat.

Pembukaan acara oleh Bp. Aryo Nugroho selaku Dekan Fasilkom Univ. Narotama

Dimulai pada pukul 13.30, acara dibuka dengan sambutan yang diberikan oleh Dekan Fasilkom Univ. Narotama yaitu Bp. Aryo Nugroho. Melalui sambutannya, Bp. Aryo Nugroho berharap agar melalui kegiatan-kegiatan seperti Cangkru’an, dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengadakan acara-acara yang mencerdaskan masyarakat.

Pemateri pada acara ini, diampu oleh tim Elektro Universitas Kristen Petra, dan dengan luwes menjelaskan terlebih dahulu mengenai sistem operasi berbasiskan GNU/Linux sebelum menginjak pada materi utama yaitu memasang dan membangun WebServer.

Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur

Para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini dan tidak hanya diikuti oleh peserta yang berstatus pelajar, namun juga diikuti oleh perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur yang berjumlah 3 orang. Peserta juga mendapatkan pengalaman yang cukup dimulai dari memasang distro GNU/Linux Debian 9 pada VirtualBox, dilanjutkan dengan memasang paket-paket webserver apache2 serta diakhiri dengan studi kasus membangun wordpress didalam webserver yang telah dibuat.

Pemberian Materi oleh Tim Elektro Univ. Kristen Petra

Diakhiri dengan foto bersama, acara ini berakhir dengan cukup baik. Tertarik untuk mendapatkan foto kegiatan beserta materi yang dibahas pada Cangkru’an kali ini? Kamu bisa dapatkan disini.

Materi Lokakarya Linux Webserver

Kumpulan Foto Lokakarya Linux Webserver

%d blogger menyukai ini: