Selayang Pandang Lokakarya Otomasi Jaringan dengan Paramiko


Menginjak akhir bulan September, KLAS kembali hadir ditengah-tengah masyarakat lewat acaranya yang hits, Cangkru’an KLAS. Tidak seperti acara Cangkru’an seperti biasanya, sebagai penutup bulan, tentu harus dilewatkan dengan hal yang berbau teknis. Lokakarya otomasi jaringan dengan paramiko.

Pemateri acara kali ini adalah mahasiswa dari Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo, yang saat ini sedang menyelesaikan masa magangnya di PT. Rahajasa Media Internet. Memiliki konsentrasi penuh ke bidang otomasi jaringan dan dunia FLOSS. Dia adalah Imron Rosyadi.

Lokakarya yang sudah sukses diadakan pada 2/30/2018 ini mengandalkan teknologi virtualisasi yang terkenal untuk mensimulasikan berbagai macam desain jaringan, GNS3, yang tentu saja dipadukan dengan beberapa mesin virtual lain, bahkan teknologi kontainer juga.

Acara ini diadakan di ruang training APJII Jawa Timur. Untuk itu peserta wajib membawa perlengkapan yang terdiri dari laptop, pengisi daya baterai, buku catatan dan lain sebagainya. Adapun spesifikasi minimal laptop yang harus dibawah adalah DualCore atau yang lebih tinggi dan mendukung arsitektur komputasi 64-bit. RAM 4 GB dan tentunya mendukung virtualisasi. Dimulai pukul 10:15 hingga 15:00 WIB.

Persiapan acara dimulai dengan pemaparan mengenai beberapa teknologi yang akan digunakan pada lokakarya kali ini, sekaligus, pemateri tidak bosan untuk memberikan pengetahuan mengenai perangkat lunak bebas. Sembari memaparkan materinya, Cak Imron memberikan instruksi kepada peserta yang belum mempunyai berkas-berkas yang dibutuhkan untuk segera menyalinnya dari diska yang sudah dipersiapkan.

Lokakarya dimulai dengan melakukan ekspor citra CISCO IOS (Internetworking Operating System) dan CISCO IOU kedalam aplikasi simulator jaringan, GNS3. Dilanjutkan dengan memasang appliance untuk otomasi jaringannya dan membuat beberapa baris script Python untuk melakukan otomasinya.

Demikian beberapa gambaran yang bisa saya simpulkan pada acara Lokakarya Otomasi Jaringan dengan Paramiko. Berikut ini saya sertakan materi lokakarya beserta tautan sumber bila anda ingin mempelajari Paramiko lebih jauh.

Materi Lokakarya

Dokumentasi Acara

Lokakarya Otomasi Jaringan dengan Paramiko

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.