Selayang Pandang Pesta Rilis BlankOn XI “Uluwatu” Di Surabaya


Pesta rilis BlankOn XI dengan kode nama Uluwatu telah sukses dilaksanakan di Surabaya, tepatnya di kantor PT. Rahajasa Media Internet (Radnet) pada 10 Mei 2018 dengan pokok bahasan “Berkontribusi ke proyek open source melalui desain grafis” dengan pemateri Ahmad Romadhon Hidayatullah (Rania Amina, red) selaku Tim Kesenian dalam proyek BlankOn Linux.

BlankOn Linux merupakan salah satu distribusi GNU/Linux yang berisikan perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk keperluan desktop, laptop, dan workstation. Dengan dipadukan oleh berbagai pernak-pernik khas Indonesia, distribusi ini sangat cocok digunakan untuk pengguna komputer di Indonesia.

Tim pengembang BlankOn terdiri dari beberapa bagian, yaitu Tim Humas, Tim Infrastruktur, Tim Riset, Tim Dokumentasi, Tim Pemaket, Tim Kesenian dan Tim Jaminan Kualitas. BlankOn selalu terbuka untuk menerima kontribusi dari siapapun juga.

Fokus acara ini membahas bagaimana Tim Kesenian BlankOn membuat selembaran promosi melalui poster atau media promosi yang masih berkaitan dengan desain. Dibutuhakan alat untuk membuatnya, tentu saja masih dalam lingkup perangkat lunak bebas, Inkscape.

Inkscape adalah perangkat lunak grafis vektor kualitas profesional yang berjalan di Windows, Mac OS X dan GNU/Linux. Ini digunakan oleh para profesional desain dan penggemar di seluruh dunia, untuk menciptakan berbagai macam grafik seperti ilustrasi, ikon, logo, diagram, peta dan grafik web. Inkscape menggunakan W3C open standard SVG (Scalable Vector Graphics) sebagai format aslinya, dan merupakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka.

Ada dua macam model desain yang akan diajarkan, yaitu cara membuat bingkai seolah-olah berada di bawah objek gambar dan yang kedua membuat poster yang mirip dengan poster pesta rilis BlankOn XI di Surabaya.

Sebelum peserta lebih jauh menggunakan Inkscape untuk membuat desain yang telah disebutkan, pemateri memberikan arahan dengan menunjukkan bagaimana cara bekerja dengan Inkscape, mulai dari penggunaan alat, tips dan trik hingga mendesain secara langsung.

Setelah menunjukkan secara praktisi, pemateri mempersilahkan peserta acara untuk membuat ide desain masing-masing dan membuatnya secara langsung.

Acara berakhir tepat pada jam 13:00 WIB ditutup dengan foto bersama.

Pesta Rilis BlankOn XI "Uluwatu"

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.