Penerapan IoT Dalam Kehidupan Dalam Cangkrukan KLAS Desember 2017


Kemajuan teknologi diharapkan mampu memberikan nilai efisiensi dan produktifitas tinggi untuk kebutuhan hidup masyarakat. Banyak macam teknologi yang dibutuhkan, salah satunya ialah IoT (Internet of Thing) atau Internet pada benda.

IoT adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet [idcloudhost.com].

Sedemikian bergunanya teknologi yang dijanjikan oleh IoT inilah KLAS mencoba menghadirkan sebuah acara melalui acara bulanannya, Cangkrukan KLAS. Pada acara kali ini KLAS ditemani oleh kawan-kawan dari IT Club SMKN 1 Surabaya yang akan mempresentasikan beberapa karya pada bidang IoT.

Ada beberapa kategori yang dipresentasikan oleh IT Club SMKN 1 Surabaya dalam IoT, ketiganya adalah sebagai berikut:

Automasi Metoda Tanam Hidroponik

Hidroponik adalah metode bercocok tanam dengan tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya, seperti namanya, media tanam yang digunakan adalah air. Salah satu alasan ditemukannya metode tanam ini adalah pertumbuhan penduduk yang makin tahun makin tinggi sehingga menyebabkan lahan untuk bercocok tanam kian sedikit.

Dengan menawarkan konsep produk canggih dalam dunia pertanian khususnya hidroponik yang diberinama smart hydroponic atau hidroponik pintar, tim yang terdiri dari 3 orang ini menjabarkan beberapa fitur unggulan yang telah dibuatnya, fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut:

  • irigasi otomatis, dilengkapi pula dengan pengairan pupuk otomatis.
  • Pemantauan secara realtime, bisa dipantau dimana saja dan kapan saja.
  • Notifikasi, cara terbaik untuk menghilangkan sifat lupa.
  • Pencahayaan otomatis, tidak perlu khawatir tanaman kekurangan cahaya.
  • Penyesuaian temperatur secara otomatis, sehingga tidak perlu khawatir kepanasan.
  • Manual maupun otomatis, pilihan ada digenggaman anda.

Bagi anda yang masih belum familiar dengan telepon pintar, anda dapat mengunjungi langsung webnya di http://tamanmuda.ga.

Nah, apakah anda penasaran dengan teknologi dibaliknya? berikut ulasan kami untuk anda:

Teknologi yang digunakan untuk menerapkan konsep smart hydroponic ini adalah terdiri dari beberapa bagian:

Server

Pada sisi server, teknologi Tanam Muda ditenagai oleh Framework Laravel yang dikombinasikan dengan pengelolaan data dari MariaDB dan dikombinasikan pula dengan Redis dan Websocket yang berguna untuk melangsungkan komunikasi dengan perangkat khusus untuk mengatur pola tanam.

IoT

Ini adalah teknologi inti yang ada pada sistem Taman Muda, yang mana didalamnya ditompang oleh Node JS, Python dan Websocket yang terpasang di mesin Raspberry.

Mobile Apps

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa tersedia dua macam aplikasi, salah satunya aplikasi mobile yang berjalan diatas sistem operasi robot hijau. Adapun teknologi yang menompang pada sisi ini adalah Kotlin sebagai bahasa pemrogramannya, RxJava, Retrofit, Websocket client.

Sistem Pengendalian Rumah Cerdas

Jika pada Automasi Metoda Tanam Hidroponik berfokus untuk memajukan teknologi pertanian maka pada pembasan ini berfokus pada perkembangan smart home atau rumah pintar.

Dalam presentasinya, konsep sistem pengendali pada rumah cerdas ini menggunakan teknologi yang hampir sama dengan teknologi yang digunakan pada automasi metoda tanaman hidroponik, dimana pusat controller berada pada aplikasi mobile dan web, ditompang dengan sebuah server untuk mengelola data yang dibutuhkan sebelum akhirnya diteruskan oleh perangkat komputer mini, Raspberry.

Fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh sistem pengendali pada rumah cerdas ini adalah sebagai berikut:

 

  • Lamp Controlling, mematikan dan menghidupkan lampu hanya dari genggaman anda.
  • Automatic Clothesline, sekarang anda tidak perlu khawatir dengan cuaca, dengan fitur ini semua teratasi.
  • Smart Door System, generasi terbaru sistem pengunci pintu.
  • Humidity Sensor, anda-pun dapat mengontrol kondisi suhu rumah anda.
  • Status Monitoring, pantau keadaan rumah ketika anda tinggal berlibur.
  • Guest Handler, solusi pengganti tuan di rumah saat rumah di tinggal.
  • Multi Control Apps, anda dapat mengontrol beberapa rumah sekaligus.

 

Akhir presentasi, tim ISHC menukil quote dari Kang Emil, Walikota Bandung “Negeri ini butuh banyak pemuda pencari  solusi, bukan pemuda pemaki-maki”.

Demikian yang dapat kami simpulkan pada kegiatan Cangkrukan KLAS edisi Desember 2017, semoga kegiatan ini bermanfaat untuk kita semua.

Galeri Acara

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.